Selasa, 03 Agustus 2010

Batas Akhir PKM 2010

Kreativitas mahasiswa akan dikompetisikan secara nasional lagi melalui PKM 2010. Beberapa hal penting yang perlu dicermati oleh mahasiswa dan pembimbing:

  1. Berkas masuk ke Jakarta terkahir 8 Oktober 2010 jam 16.00 WIB. Berarti, selama puasa dan lebaran mahasiswa masih harus memastikan bahwa PKM-nya sudah siap kirim, karena biasanya universitas memberi tenggat waktu pengumpulan minimal 10 hari sebelum deadline. Anggap saja 20 September 2010 semua karya sudah masuk.
  2. PKM yang dikompetisikan untuk bulan oktober itu adalah PKM Penelitian (PKMP), PKM Kewirausahaan (PKMK), PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM), dan PKM Penerapan Teknologi (PKMT). Cermati pedoman terbaru (revisi 2010) yang bisa diunduh di sini.
  3. Pengalaman yang telah lalu, secara nasional dari 21 ribu lebih proposal yang masuk, 15 ribu lebih di antaranya gagal pra seleksi (desk evaluation). Oleh karenanya, jangan disepelekan masalah warna sampul, tanda tangan dosen pembimbing, CV, atau Surat Kemitraan dan sejenisnya. (Baca informasi dari dewan juri PIMNAS di sini)
  4. Kreativitas berarti berani breaking the rules . Jangan mudah mengekor ide yang tidak lagi trend seperti pembuatan kripik dari pelepah bla-bla... Untuk trend judul periode kemarin silahkan unduh dan cermati di sini.
  5. Proposal yang didanai belum tentu lolos seleksi PIMNAS. Oleh karena itu, perhatikan berbagai masalah terkait penyelesaian proposal hingga terbentuknya laporan yang siap dipresentasikan secara nasional. Silahkan sering berdiskusi dengan teman yang berpengalaman hingga PIMNAS, atau dengan dosen pembimbing masing-masing, atau juga dengan Tim Pendamping Penalaran Tingkat Universitas.
Selamat menulis dan berkreativitas..!

1 komentar:

  1. batas akhir penerimaan proposal pkm ke dp2m ditjen dikti diundur menjadi tanggal 30 oktober 2010 pak, karena merespon usulan paguyuban pr3. Mestinya batas akhir masuk ke pr3 unesa ya harus diundur agar mahasiswa ada waktu yang cukup untuk menyempurnakan proposalnya, apalagi para pembimbing juga pada mudik,

    BalasHapus