Selasa, 30 Desember 2014

KESADARAN KRITIS MAHASISWA



Tulisan ini sudah dipublikasikan sebelumnya dalam Buku "UNESA EMAS BERMARTABAT: 50 TAHUN 1964-2014" (2014, Unesa University Press).
-----------------------------------------------------------------------------------------
URGENSI PENGUATAN KESADARAN KRITIS MAHASISWA
Mengokohkan Unesa Bermartabat
Made Pramono[1]

Kesadaran Kritis sebagai Instrumen Penting Pendidikan
Hikmah dari kisah Promotheus, ilmu digambarkan sebagai momok bagi dewa, karena melaluinya manusia tidak lagi hanya menerima begitu saja pada apapun yang terjadi padanya, bahkan di titik tertentu mampu mengancam kenyamanan para dewa. Ilmu pengetahuan sebagai buah utama pendidikan, memang menjadi musuh bagi ketundukan irasionalitas, kebodohan, dan kemiskinan dengan peran penyadaran yang diembannya. Abad 16 dalam sejarah dikenang dengan kebangkitan ilmu menguak kenyataan alam yang merupakan “tabu agama”: Galileo Galilei menghadapi hukuman inkuisisi gereja karena dukungannya pada Heliosentrisme Copernicus yang bertentangan dengan pendapat Gereja bahwa bumi adalah pusat semesta.
Melalui pendidikan, seorang anak manusia termampukan keluar dari “takdir” kondisi lingkungannya. Akses informasi dan pengaruh tokoh-tokoh yang dikenalnya selama masa pendidikan, menjadikan subjek didik tidak sekedar “melek huruf dan angka”, namun juga “melek budaya”. Inilah kesadaran kritis, suatu kapasitas kognitif di lapisan dasar yang memampukan seseorang untuk tidak hanya mengenali dan meresapi kenyataan yang dialaminya, namun juga mempertanyakan secara radikal dan me(re)konseptualisasikannya secara orisinal dan kreatif. Paulo Freire – tokoh pendidikan Brazil - menyebut misi kritis pendidikan ini sebagai conscientizacao. Lembaga pendidikan di level apapun dan di ranah apapun, memiliki tanggung jawab untuk memutus kemiskinan dan kebodohan melalui proses penyadaran terus menerus ini.
Memang penulis belum menemukan penelitian yang memadai tentang hubungan tingkat penguatan afirmatif dari kesadaran kritis dengan produktivitas ilmiah maupun jenis-jenis konsepsi dan aksi dari mahasiswa, namun setidaknya bisa disepakati bahwa tanpa adanya kesadaran kritis, pendidikan kehilangan identitas “pengembangan potensi manusia” sebagaimana ditekankan undang-undang sistem pendidikan nasional. Dengan membuka keteraksesan informasi dan memberi gambaran tentang berbagai proses dan produk pemikiran, pendidikan bernilai sangat strategis bagi pematangan potensi, dan sekaligus di lapisan fundamental memungkinkan keterasahan kesadaran kritis manusis-manusia terdidik. Pada gilirannya, aktualisasi potensi subjek didik ini mengerucut pada berbagai pemikiran dan tindakan yang produktif sesuai kompetensi keilmuan yang dicapai.
Sebagai lembga pendidikan tinggi, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) juga berperan menyangga misi kritis penyadaran ini dengan berbagai perangkat keras (misalnya gedung atau perangkat teknologi), perangkat lunak (misalnya sistem manajemen atau kurikulum), maupun brainware (sikap mentalitas sivitas akademikanya). Pada gilirannya, kesadaran kritis yang dialami mahasiswa, akan memunculkan karakter lain yang memicu pengembangan ilmu dan teknologi baik demi kepentingan pribadi mahasiswa itu sendiri, maupun demi kemaslahatan masyarakat luas. Di antara karakter yang dimaksud adalah keberanian mempertanyakan segala sesuatu, “naluri” untuk selalu haus pengetahuan, hingga “naluri” untuk secara cerdas dan tepat mendapatkan solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapinya maupun permasalahan masyarakat luas yang dicernanya. Tentu saja, peran cendekiawan lulusan universitas sebagai moral oracle (orang bijaksana penjaga moral) mengiringi implementasi kesadaran kritis di tataran praksis. Kesadaran kritis ini pula yang nantinya mampu mengarahkan mahasiswa bergabung dalam intelektual organik yang bahu membahu mengabdikan wawasan yang dimiliki untuk kepentingan masyarakat luas sebagaimana dicetuskan Antonio Gramsci. Cendekiawan berkesadaran kritis dan melibatkan diri dalam masalah-masalah aktual masyarakat inilah yang disebut sebagai nabi-nabi tanpa senjata (unarmed prophets) oleh Machiavelli, yang ditengarai Karl Mannheim sebagai cendekiawan yang menghindarkan diri dari tindak pengkhianatan intelektual, menyuarakan kebenaran hanya dari menara gading.
Satu hal lagi yang bisa diharapkan sebagai konsekuensi kesadaran kritis ini adalah bermunculannya mahasiswa/alumni Unesa yang menjadi agen-agen perubahan kritis dan kreatif yang mewujud dalam berbagai jalur: penelitian, tulisan, dan gerakan. Isu-isu seperti masalah perundang-undangan di bidang pendidikan atau penyelenggaraan ujian akhir nasional yang sempat memicu kontroversi nasional, merupakan contoh tantangan nyata yang harus ikut dihadapi secara kritis dan kreatif oleh mahasiswa/alumni Unesa.
Bisa saja masih ada yang bertanya: mengapa “harus”? Kesadaran kritis apabila sudah terinternalisasikan dalam diri mahasiswa Unesa yang secara strategis memposisikan diri sebagai lembaga pendidikan tinggi yang concern terhadap permasalahan pendidikan, tentu isu-isu seperti di atas menarik nalar kritis mahasiswa. Hal ini menjadi keniscayaan intelektual, kecuali jika memang kita warga Unesa masih berpuas diri menjadi ahli-ahli pembelajaran, namun gagap dengan permasalahan pendidikan. Menenggelamkan diri dengan bermacam-macam tabel dan model pembelajaran, sehingga tidak peka (dan lebih parah lagi: tidak ada waktu/energi) untuk berperan aktif memikirkan berbagai permasalahan pendidikan nasional dan internasional.
Lebih konyol lagi jika ditanyakan juga: apa untungnya menjadi mahasiswa peka dan kritis? Bukankah “kuliah, berprestasi akademis dan syukur-syukur non-akademis, lulus, menjadi guru atau profesi yang mapan” sudah cukup membanggakan keluarga dan almamater? Laksanakan saja tugas sebaik mungkin hingga mencapai posisi dan/atau nilai yang cemerlang!
Meminjam ilustrasi di Novel Dunia Sophie, kebanyakan kita cukup nyaman menjadi kutu di kehangatan bulu-bulu kelinci yang menghisap darah kelinci lalu tidur dalam kenyamanan. Itu boleh dan tidak salah. Tetapi sejarah membuktikan, selalu ada satu atau beberapa kutu kelinci yang naik ke permukaan bulu-bulu kelinci, lalu menyadari bahwa dia hanyalah kutu di tubuh kelinci yang dipakai tukang sulap untuk mencari uang. Sejarah mencatat orang-orang yang keluar dari zona nyaman, mengubah nasib diri dan masyarakatnya, hingga sampai ke zaman kita. Mereka adalah para Nabi, para ilmuwan, para penggerak zaman yang acapkali dicemooh oleh orang-orang sekelilingnya sebagai orang aneh, sia-sia, dan sejenisnya, namun kemudian dari orang-orang yang dianggap “aneh, gila, atau pemberontak” itulah, peradaban baru muncul, teknologi berkembang, kesalahan demi kesalahan tereliminasi, dan seterusnya. “Hidup yang tak pernah dipertanyakan”, kata Socrates, “adalah hidup yang tidak berharga”.

Penalaran Mahasiswa
Tidak hanya permasalahan pendidikan, sebagai bagian dari mahasiswa nasional, mahasiswa Unesa juga dituntut kepedulian kritis dan kreatifnya dalam berbagai dimensi kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara. Salah satu ilustrasi yang sering penulis sampaikan di berbagai forum adalah tentang status “mahasiswa”. Embel-embel “maha” di depan “siswa” dalam kata “mahasiswa”, bisa diterjemahkan bebas sebagai tantangan yang harus disadari mahasiswa, bahwa memperoleh dan aktif dalam materi perkuliahan, mengerjakan tugas, melaksanakan ujian, dan rutinitas sehari-hari sebagai subjek didik di perguruan tinggi, itu memang kegiatan yang tampak dominan dalam kehidupan kampus. Namun hanya berkutat dengan kegiatan tersebut, meskipun boleh, adalah hal yang tidak memadai disandang seorang “maha”siswa. Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat adalah tiga hal yang harus dilaksanakan setiap perguruan tinggi yang dikenal dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, penulis menyebut “tidak memadai” bagi mahasiswa yang hanya berjibaku dengan salah satu di antara tiga dharma itu, yakni pendidikan (khususnya dalam arti pembelajaran). Apalagi jika dikaitkan dengan dana milyaran rupiah yang digelontorkan pemerintah (juga pihak swasta) untuk mahasiswa tiap tahun – di luar koridor dana pembelajaran – yang salah satu tujuannya untuk mengintegrasikan empat komponen penentu mutu lulusan perguruan tinggi: academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill.
Di antara program-program pemerintah (dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) yang menstimuli mahasiswa dengan berbagai kompetisi penalaran yang pada gilirannya mampu menentukan reputasi perguruan tinggi itu sendiri, adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dalam program ini, terbuka luas kontribusi lintas bidang dari mahasiswa, misalnya mahasiswa Fakultas Teknik bisa saja menuliskan ide kreatif-kritisnya di bidang pengembangan budaya. Selain PKM, kompetisi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS), Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS), MTQ dan lain-lain juga diprogramkan pemerintah untuk menampung aktivitas positif-produktif mahasiswa.
Memperkokoh daya saing Unesa dengan mahasiswa sebagai subjek utamanya, tentu saja tidak terbatas pada permasalahan PKM ini saja. Namun dengan bercermin dari PKM di Unesa, penulis mengajak pembaca untuk memproyeksikan kondisi, tantangan, hambatan, dan harapan terkait kesadaran kritis mahasiswa serta bagaimana kesadaran kritis tersebut mampu diimplementasikan dalam berbagai hal positif lain yang meningkatkan daya saing Unesa ke depan. Selain itu, penulis sengaja mengangkat wacana PKM karena saat ini memang sebagian besar energi penulis untuk mahasiswa tercurah untuk ikut meningkatkan prestasi PKM – tentu saja selain dalam proses perkuliahan.
Sejak tahun 2006 hingga 2014 ini, penulis terlibat langsung dalam kiprah mahasiswa Unesa di bidang penalaran. Pertama sebagai pembina Unit Kegiatan Ilmiah Mahasiswa (UKIM), dan berikutnya sebagai koordinator tim penalaran Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unesa sekaligus salah satu tim penalaran di universitas. Berbeda dengan masa sekolah menengah, kegiatan ekstrakurikuler di kalangan mahasiswa mengandaikan adanya kemandirian di tingkat pengelolaan manajerial organisasi dan pemberdayaan sumber daya manusia, sehingga peran dosen pendamping (dulu pembina), lebih berfungsi sebagai mediator-fasilitator daripada sebagai instruktur (pemberi instruksi). UKIM maupun tim penalaran secara rutin selalu memprioritaskan PKM sebagai proyek utamanya. Hal ini bisa dipahami sebagai konsekuensi dari tantangan penalaran ilmiah tingkat nasional yang terorganisir oleh Dikti, sehingga gambaran umum tentang refleksi implementasi kesadaran kritis bisa diproyeksikan dari PKM ini.
PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.
Saat ini dikenal 7 (tujuh) jenis kegiatan yang ditawarkan dalam PKM, yaitu PKM- Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T),  PKM-KARSACIPTA (PKM-KC), dan PKM-Karya Tulis (PKM-KT).  Di dalam PKM-KT terkandung 2 (dua) program penulisan, yaitu: PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan muara akhir yang prestisius bagi semua jenis PKM, kecuali PKM-AI yang merupakan artikel hasil kegiatan.
Harus diakui, Unesa masih perlu berbenah untuk mampu bersaing dalam hal prestasi PKM ini dengan berbagai universitas lain. Universitas Brawijaya (UB), ITS, dan Unair adalah tiga perguruan tinggi Jawa Timur yang selalu bertengger di posisi atas dalam kuantitas proposal yang lolos didanai maupun perolehan (setara) medali di PIMNAS sebagai ajang prestisius tahunan puncak PKM. Apabila sistem sudah berlangsung baik dan terformat sedemikian rupa sehingga memungkinkan terciptanya suasana kondusif bagi mahasiswa untuk menuangkan ide-ide orisinil, kreatif, dan kritis dalam PKM, bukan tidak mungkin Unesa bisa menggeser ITS yang pada tahun 2013 menyandang Juara Umum PIMNAS.
Dalam hal produktivitas, sebagian fakultas di Unesa sudah semakin melesat meninggalkan fakultas lainnya. Penulis ambil contoh ketika Fakultas Ekonomi sudah mencadangkan lebih dari 200 proposal PKM yang hendak dikirimkan ke Dikti, di saat yang sama fakultas lain masih belum terdeteksi alias belum ada pengarsipan PKM yang terkumpul. Tentu saja  pembenahan sistemik di fakultas yang sudah tercipta baik ini harus tertularkan ke fakultas lain. Memang kuantitas PKM yang terkumpul tidak mencerminkan kualitas yang memungkinkan PKM tersebut bisa berkompetisi ketat dengan universitas lain saat PIMNAS. Meskipun demikian, bisa diasumsikan bahwa jika jumlah mahasiswa yang terlibat dalam penulisan ide kreatif PKM semakin banyak, maka semakin terasah juga kualitasnya. Yang lebih penting lagi, hal ini menunjukkan adanya suasana kondusif bagi kompetisi ilmiah. Suasana semacam ini, di lapisan yang lebih mendasar juga mensyaratkan adanya kesadaran dari kalangan mahasiswa tentang pentingnya penuangan pemikiran kritis, kreatif, dan orisinil.
Proses penularan kesadaran yang memunculkan keberanian untuk selalu mempertanyakan segala sesuatu, rasa ingin tahu yang besar, dan kemauan kuat untuk mencari solusi atas berbagai permasalahan secara tepat ini, tentu tidak terjadi semudah membalik telapak tangan. Tidak hanya mahasiswa itu sendiri, namun membutuhkan kemauan dan partisipasi semua pihak yang merasa berkepentingan. Secara singkat, proses ini membutuhkan kemauan, keyakinan, dan wawasan yang kuat dan tepat sebagaimana tergambar berikut.


Gambar 1. Model Empat Lingkaran

Apa yang kita inginkan mewujud misalnya dalam (1) lingkungan yang nyaman, kondusif, dan positif; (2) Budaya mahasiswa dalam hal pemikiran kreatif-kritis, kerja keras, dan memanfaatkan peluang yang ada; (3) Forum-forum diskusi/pelatihan; (4) koordinasi sinergis antar mahasiswa, mahasiswa dengan dosen kuliah, mahasiswa dengan pimpinan lembaga, antar dosen, dosen-pimpinan. Artikulasi singkatnya, apa yang kita inginkan menyangkut tujuan bersama maupun tujuan masing-masing individu yang diupayakan terpenuhi.
Apa yang kita yakini berkenaan dengan persoalan prinsip-prinsip pemandu yang mempengaruhi semua aspek, misalnya (1) Semua pribadi adalah makhluk yang selalu belajar dan berbenah; (2) Keberhasilan semua usaha adalah resultante kerja keras, keberuntungan, dan dukungan alam (bakat maupun ketakterdugaan yang menguntungkan); (3) Kesuksesan menjadi bibit kesuksesan yang lain; (4) Mahasiswa meneladani dosen dan seniornya; (5) Lembaga harus responsif dan respektif terhadap dosen maupun mahasiswa; (6) Semua usaha memiliki nilai dan martabat. Apa yang kita yakini merupakan determinan paling penting dalam operasionalisasi budaya, kebijakan, dan praktek pengelolaan (dalam hal ini misalnya) PKM.  
Apa yang kita ketahui memberikan rujukan berbasis riset bagi mahasiswa, dosen, maupun tenaga administrasi yang terlibat dalam pengelolaan PKM. Di antara manifestasi dari apa yang kita ketahui ini misalnya berupa pedoman PKM, peta atau trend tema PKM sesuai bidangnya, strategi lembaga lain, pengalaman mahasiswa dengan PKM yang sudah pernah sampai PIMNAS, dan berbagai materi untuk pelatihan.
Dengan memahami ketiga hal tersebut di atas, maka semua pihak niscaya juga memahami apa yang kita lakukan. Berbagai kebijakan dan program di level organisasi kelembagaan maupun disiplin kerja di level mahasiswa (dan pihak terkait lain), merupakan implementasi dari apa yang kita inginkan, yakini, dan ketahui. Dengan demikian pengelolaan PKM yang berangkat dari kesadaran semua pihak yang berkepentingan terhadap keempat hal tersebut, memampukan tidak hanya fakultas namun juga universitas untuk memproyeksikan proses yang harus dilalui dalam rangka meningkatkan kuantitas maupun kualitas PKM. Blog dan media sosial “penalaran Unesa” sejak tahun 2009 penulis dirikan untuk mendukung terciptanya kondisi kampus Unesa yang kondusif bagi penyemaian kesadaran kritis di kalangan mahasiswa ini, dan tentu saja untuk mengkomunikasikan berbagai hal terkait implementasi dari apa yang kita inginkan, yakini, ketahui, dan lakukan salah satunya dalam hal pengelolaan PKM di Unesa. Sebagian tulisan inipun mengambil ide/data dari blog dan media sosial tersebut.
Oleh karena fokusnya adalah penalaran mahasiswa, maka sesungguhnya mahasiswa juga yang paling berkepentingan, sehingga syarat mutlak yang melandasi pengelolaan PKM adalah kesadaran kritis-kreatif dari mahasiswa itu sendiri. “Paceklik” PIMNAS sempat menimpa Unesa di tahun 2011, 2012, dan 2013 dengan hanya memberangkatkan masing-masing satu tim PKM ke PIMNAS. Medali perunggu diraih duta PKM Unesa di tahun 2013, setelah tiga tahun sebelumnya nihil medali (perolehan terakhir tahun 2009, 2006, 2005, 2004).
Hal ini tentu bukan menjadi penghalang psikologis bagi mahasiswa di tahun 2014 ini untuk berjuang (amat) keras menjulangkan Unesa sejajar dengan universitas-universitas “pencakar langit” seperti UB dan UGM di PIMNAS. Yang tidak kalah penting, hal tersebut juga (semoga) bukan menjadi penghalang bagi dosen maupun tenaga administrasi yang terlibat dalam pengelolaan PKM untuk membantu, mendukung, dan memfasilitasi mahasiswa secara maksimal. Bisa jadi, perjuangan keras Unesa dalam mengelola PKM secara maksimal, masih belum sebanding dengan perguruan tinggi lain. Tetapi selalu berusaha, jauh lebih baik daripada terpasung pasrah menyerah pada ketertinggalan.

Mahasiswa antara Intelektual Tradisional dan Intelektual Organik
Mahasiswa Unesa, perlu menyadari posisinya di antara mahasiswa lain dalam satu program studi/jurusan, satu fakultas, satu universitas, sesama universitas ex-IKIP, sesama Perguruan Tinggi se-Indonesia, bahkan dunia, untuk kemudian diproyeksikan ke dalam berbagai aktivitas yang mendukung prestasi kebanggaannya di antara mahasiswa lain tersebut. Saat penulis menjadi mahasiswa di UGM tahun 1993-1997, sudah ada sistem di kemahasiswaan fakultas (dan juga universitas) yang memungkinkan penulis untuk tampil berbicara sebagai narasumber non-akademik di hadapan publik (mahasiswa, akademisi, dan berbagai kalangan sesuai tema) untuk mempresentasikan pemikiran tentang berbagai hal. Penulis juga sempat menjadi pimpinan redaksi sebuah jurnal filsafat yang dipublikasikan secara nasional. Itu dua dasawarsa yang lalu. Saat ini, Unesa sudah memiliki beragam “saluran” resmi yang bisa dipergunakan untuk menuangkan pemikiran mahasiswa tentang berbagai hal. Ada tabloid GEMA, majalah Unesa, media cetak di level jurusan/fakultas, maupun buletin. Belum lagi website, blog, maupun media sosial seperti mailing list, facebook, dan sebagainya termasuk radio. Kemampuan mempresentasikan pemikiran di hadapan publik secara langsung juga sudah terbuka. Tanpa perlu didorong-dorong oleh dosen, mahasiswa seyogyanya menyadari peluang dan potensinya untuk diaktualisasikan dengan memanfaatkan momentum kemandirian intelektualnya secara positif dan berkelanjutan.
Prestasi mahasiswa “tidak dihargai” dalam program Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) jika mereka hanya menjadi peserta seminar internasional, tetapi harus menjadi pembicaranya; tidak sekedar juara di level Unesa, tetapi antar perguruan tiinggi se-provinsi atau nasional; tidak cukup hanya menjadi ketua UKM atau BEM, tetapi mahasiswa harus mampu menggerakkan organisasi yang dipimpinnya untuk melambungkan dirinya dan teman-teman mahasiswa yang lain untuk berkiprah sebagai tokoh penting di level regional, nasional, atau internasional.
Kesadaran kritis bukan sesuatu yang kontraproduktif, namun bisa saja negatif (tergantung apa yang kita yakini). Dia bisa meletupkan energi dahsyat yang mengubah wajah masyarakat lebih baik (dalam arti lebih bermoral, produktif, inovatif, efektif, efisien, dan sebagainya). Kesadaran ini jika dituangkan dalam bentuk karya ilmiah sebagaimana PKM, tentu bernilai positif dan produktif. Apapun konsekuensinya, kesadaran kritis sesungguhnya menjadi “otak pendidikan” yang memungkinkan segala fungsi organ berjalan semestinya dalam tumbuh-kembang bersama realitas di hadapannya. Kesadaran kritis ini menurut Freire mampu membongkar budaya bisu, artinya, secara aktif menyuarakan dan memunculkan aksi-aksi positif dan kreatif dalam menghadapi hegemoni menyejarah dari kuasa-kuasa tradisi yang kadaluarsa. Tentu, Pancasila sebagai ideologi bangsa yang melandasi pilar bangsa ini, tetap menjadi jaminan harga mati bagi interpretasi-interpretasi dan aksi-aksi cendekiawan ber-kesadaran kritis. Kritis bukan untuk anarkis-destruktif, tetapi kreatif-(re)konstruktif.
Suasana dunia kampus di Indonesia (termasuk Unesa) awal-awal milenium ketiga, memang lebih bermuara back to campus, setelah euforia penumbangan orde baru 1998. Tentu dengan alasan berbeda. Penulis mencermati bahwa back to campus-nya mahasiswa saat ini bukan disebabkan keengganan larut dalam arus politik sebagai panglima sebagaimana terjadi pasca penggulingan Soekarno tahun 1966, namun saat ini mahasiswa lebih disibukkan dengan berbagai tawaran kegiatan produktif-ilmiah baik dari dunia kampus itu sendiri maupun dari pemerintah atau pihak luar kampusnya (misalnya PKM). Apakah secara umum mahasiswa sekarang lebih berorientasi intelektual tradisional dan kurang tertarik memposisikan diri sebagai intelektual organik yang mengajukan diri bahu membahu bersama komponen masyarakat lain mengatasi berbagai permasalahan aktual yang ada sebagaimana dikategorikan Gramsci? Agak dini untuk menjawab tegas hal tersebut. Namun setidaknya, puisi penulis berikut ini (yang sempat dipublikasikan di notes akun facebook pribadi penulis) bisa mewakili warning terhadap ketidakpedulian dan ketidakkonsistenan mahasiswa yang berujung pada pengkhianat (idealisme) intelektual sebagaimana diperingatkan Karl Mannheim. Selamat meniti masa muda...

Mahasiswa Sejati

Sore ini di kampus yang (kabarnya) merakyat
Puluhan teriak memadati rapat penat
“kita harus beraksi, karena besok negeri ini dibantai”
“tumbangkan rezim kotor, robohkan akar pohon koruptor”
“jangan biarkan mereka menyela, kita bakar saja”
Lalu satu persatu mereka kering tenggorokannya

Sore ini di kampus bisu
Tengik mesum bau kotoran moral
Tercium gelagat khianat
Terkapar pada hegemoni bisu,
Yang merasuk di hulu intelek muda bersemangat
Sebab ideologi harus dihambakan pada kepentingan
Sebab aturan harus disetir kuasa baru
Dan sebab mahasiswa harus tidak merasa ditipu
Padahal telah tumbang mereka oleh sapuan zaman:
“kamu bayar mahal, segeralah lulus.. kembalikan sawah sapi es-pe-pe-mu”
“kamu ga pa pa jadi demonstran suruhan, sebab harus ada yang di jalanan”
“kamu  jangan julurkan pikiran kritismu, industri menunggumu patuh”
Maka makarpun berbalik arah,
Tuhan didongkel dari singgasana kampus
Matilah mahasiswa yang dulu berdikari,
Diganti definisi rumit tentang cinta, dijambak rindu persetubuhan
Diganti kelindan eksistensial, tentang mau kemana
Diganti tangisan bunda, melihat tetangga sudah kaya
Diganti ideologi orang sakti, yang bekerja rahasia membeli nurani di sudut-sudut rasio

Sore ini di kampus gagah
Berdiri lunglai mahasiswa sejati,
Tak punya tinta dia tak sanggup menulis darah
Tak punya teman dia merana
Tak punya uang diapun bisu
Dia gumamkan idealismenya, tanpa suara
Dia langkahkan kaki seoknya, sendiri
Dia masih punya Tuhan, yang oleh teman-temannya disingkirkan
“aku mengabdi untuk siapa?”
“maksud baikku kenapa dicela?”
Dan dia berusaha setia

Duh, kampus megah berdiri gagah,
Tak ubahnya pabrik manusia pekerja
Yang teriak pura-pura marah pada kuasa
Padahal hanya untuk mencari muka,
Atau tertipu juragan-juragan tak tersentuh
Menghabisi kaum-kaum yang ikhlas
Menggantinya dengan remote control: dunia tak seberapa butuh belas kasihan
Kendali mutu dengan kaku logika kerontang
“maksud baikku kenapa dicela”,
Karena tak terbeli,
Dan itu harga mati…!
Dilindas transaksi berkisah-kisah
Sore ini di kampus sendu
Muram wajah tanah saksi sejarah
Menyaksikan bergugurannya pikiran-pikiran murni
tumbuh suburnya kapitalis-kapitalis penerus bangsa
Pancasila dan filsafat, diajarkan untuk didiskusikan, lantas ditinggalkan
Ilmu-ilmu terapan, menggilas moral kepedulian
Berbaju demi pembangunan, kreativitas kompetisi global
Tapi lupa mengancingkan lubang kemaluan, hingga tampak semangat kerakusan
Mendidik akal, mematikan hati

Sore ini di kampus milyaran rupiah,
Gadis dan jejaka berpamer kebebasan
Menjeritkan semua luka, tanpa ada yang terluka
Meneriakkan perlawanan untuk para penjahat bangsa,
(sengaja) lupa dibiayai oleh siapa dia
“kami ada untuk rakyat”, tapi rakyat yang mana: yang duduk di balkon glamour
“kami adalah agen perubahan”, ya, merubah wajah bangsa sesuai selera mereka
Rektor, Dekan, dan pejabat se universitas, berkumpul mengamini instruksi pengusaha
Yang sudah menitip kuasa di proyek-proyek suci negeri ini
Lalu siapa yang sejati?
Mahasiswa yang lunglai tadi.. yang sedang terkapar mati

Sore ini di kampus hiruk pikuk
Tidak ada yang sadar lagi,
Semaput dalam riuh internet, gadget, dan diksi-diksi ilmiah
Pulang hanya untuk mengamini televisi hiperrealitas
“kami kaum bebas” termasuk bebas meniru
Meniru tiruannya tiruan dari tiruan tiruan palsu
Disentak tiap saat oleh pilihan-pilihan sikap
Rumit menghamburkan energi dunia
Tenggelam dalam kebenaran zaman (bukan kebenaran asasi)

Sore ini di kampus yang (kabarnya) merakyat
Perlahan-lahan sepi
Oleh despot dan tirani baru
Mencengkeram tanpa terasa
Menghegemoni tanpa disadari
Karena penguasa baru tahu,
Bahwa menguasai berarti menyenangkan nafsu

Si mahasiswa sejati
Sudah lama tadi ketemu Tuhan,,
Sendiri


REFERENSI

DITLITABMAS DIRJEN DIKTI KEMENDIKBUD, 2012, Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Pramono, Made, 2003, Melacak Basis Epistemologi Antonio Gramsci, dalam Listiyono Santoso, dkk, Epistemologi Kiri, edisi 1, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, p. 71-92.

------------, 2003, Menyelami Spirit Epistemologi Paulo Freire, dalam Listiyono Santoso, dkk, Epistemologi Kiri, edisi 1, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, p. 125-146.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Arsip situs website Dikti:
         http://dikti.go.id

Arsip situs website Unesa:
         http://www.unesa.ac.id.

Arsip blog “Penalaran Unesa”:

Arsip grup facebook “Penalaran Unesa”: http://www.facebook.com/groups/89808638806

Arsip notes akun pribadi:


[1] Dr. Made Pramono, S.S., M.Hum. adalah dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan. Email: made.pramono@gmail.com
Baca Selengkapnya →KESADARAN KRITIS MAHASISWA

Rabu, 17 Desember 2014

TIGA BESAR LKTIM DIES NATALIS UNESA KE-50

Berdasarkan penilaian 3 juri LKTIM Dies Natalis Unesa ke-50, berikut ini hasil final juara 1, 2, dan 3 yang merupakan nilai total penilaian naskah (2-4 Desember 2014) dan penilaian presentasi (10 Desember 2014).  Selamat kepada juara 1, 2, dan 3. Panitia juga mengucapkan penghargaan setinggi-tingginya kepada 7 finalis lain beserta dosen pembimbing yang turut hadir.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
JUARA 1 (berhak atas sertifikat, piala, dan uang pembinaan Rp. 3.500.000,-)

Judul: 
"STEL" (SOCIOLOGICAL THEORY ELECTRONIC LEARNING) Sebagai Sarana Pembelajaran dan Pemantapan Pemahaman Teri Bagi Mahasiswa Sosiologi dengan Matode Virtual
Asal Perguruan Tinggi:
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
Nilai Final:
1095

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
JUARA 2 (berhak atas sertifikat, piala, dan uang pembinaan Rp. 2.500.000,-)

Judul: 
Penguatan Virtualisasi Pendidikan Pada Perguruan Tinggi Berbasis TRIANGLE OF LEARNING MELALUI LINE TO LINE SYSTEM (LtL)
Asal Perguruan Tinggi:
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Nilai Final:
1045

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
JUARA 3 (berhak atas sertifikat, piala, dan uang pembinaan Rp. 2.000.000,-)

Judul: 
CAL (CYBER APPRECIATION LITERATURE) SEBAGAI MODEL KELAS VIRTUAL PADA MATA KULIAH APRESIASI SASTRA DALAM MEMASUKI ERA KURIKULUM KKNI
Asal Perguruan Tinggi:
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Nilai Final:
917,5
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Baca Selengkapnya →TIGA BESAR LKTIM DIES NATALIS UNESA KE-50

Jumat, 05 Desember 2014

Finalis 10 Besar LKTIM Dies Natalis Unesa ke-50


Penghargaan setinggi-tingginya panitia sampaikan kepada 45 tim yang telah mengirimkan karya-karya unggul untuk ikut berkompetisi di LKTIM Dies Unesa Ke-50 tahun 2014 ini. Dewan juri secara objektif dan cermat dengan ini memutuskan untuk menetapkan 10 karya terbaik dari 45 karya tersebut, untuk melangkah ke sesi presentasi final yang diadakan di Auditorium FIS Unesa pada tanggal 10 Desember 2014.

Daftar finalis 10 besar bisa diunduh di sini.

Panitia mengucapkan selamat datang dan selamat berjuang kepada 10 tim finalis di Unesa.







Baca Selengkapnya →Finalis 10 Besar LKTIM Dies Natalis Unesa ke-50

Selasa, 02 Desember 2014

Daftar Karya yang Masuk untuk LKTIM Dies Natalis Unesa 2014

Sesuai panduan, karya tulis ilmiah yang masuk dalam rangka LKTIM Dies Natalis Unesa ke-50 Tahun 2014 yang diterima panitia terakhir pada pukul 14.00 WIB adalah sejumlah 45 karya. Seluruh karya yang masuk akan dinilai naskahnya oleh tim juri pada tanggal 2-4 Desember 2014, dan diumumkan pada hari Jumat tanggal 5 Desember 2014 di blog ini.

Klik link dibawah ini untuk mengunduh daftar karya ilmiah yang masuk.

Daftar Karya















Baca Selengkapnya →Daftar Karya yang Masuk untuk LKTIM Dies Natalis Unesa 2014